Minggu, 22 November 2015

Daun Sirih dan Manfaatnya


Daun sirih dalam tradisi budaya Indonesia sudah tidak asing lagi. Daun sirih sebagai bahan utama dari kebiasaan yang disebut Nginang ( mengunyah sirih ). orang yang memiliki kebiasaan Nginang ternyata memiliki gusi dan gigi yang sehat walaupun mereka sudah lanjut usia. Kok bisa yah ? karena manfaat  daun sirih sebagai zat antiseptik. Dengan manfaat daun sirih dapat  mencegah kuman dan bakteri yang sering merusak gusi dan gigi agar tidak muncul lagi. 


Sejak dulu  para wanita menggunakan daun sirih untuk mengatasi gangguan kewanitaan seperti keputihan, merawat mengencangkan mengesatkan organ kewanitaan, menghilangkan bau pada organ kewanitaan. Ini juga disebabkan oleh zat anti septik pada daun sirih yang luar biasa manfaatnya.
Khasiat daun sirih juga dapat menguatkan gigi , menghilangkan bau tak sedap pada mulut ,dan badan  ,mengatasi mimisan dan sebagai afrodisiak bisa juga bahan untuk pembuatan kosmetik. 

Daun Sirih dan Manfaatnya
Daun Sirih Merah

TENTANG DAUN SIRIH


Daun Sirih memiliki nama latin yaitu ( Piper Betle ) Yang di kenal umumnya sebagai tumbuhan yang merambat dan biasanya merambat  pada pohon, Daun sirih yang dikenal ada 3 jenis, yaitu daun sirih merah, daun sirih hitam dan daun sirih hijau. Namun yang paling banyak dikenal dan digunakan dimasyarakat adalah daun sirih merah dan hijau, yang bisa dibedakan hanya dengan melihat warna daunnya. Daun sirih pada umumnya banyak ditemui ditanam dipekarangan orang yang hidup dipedesaan, mereka masih banyak menggunakan obat dari bahan alami termasuk sirih serta untuk keperluan Nginang. setelah khasiat sirih diketahui secara ilmiah, di jaman moderen  ini  daun sirih sudah banyak dijadikan sebagai bahan untuk obat kecantikan , sabun kosmetik , dan lain sebagainya. 

MANFAAT  DAUN  SIRIH

Daun Sirih dan Manfaatnya
Daun Sirih Hitam

1. Dengan air rebusan Daun Sirih dapat digunakan untuk membersihkan mata.


2. Daun sirih berguna untuk  menghilangkan bau badan.


3. Bisa untuk mengobati gigi dan gusi yang bengkak. Dengan mengunyah daun Sirih Hijau secukupnya dan berkumur dengan rebusan daun sirih maka sakitpun akan sembuh.


4. Daun Sirih Hijau, bisa untuk mengobati keputihan. Rebus daunnya dengan porsi secukupnya. Bisa diminum, disamping itu airnya untuk membasuh organ kewanitaan.


5. Jika bibir sariawan, daun Sirih Hijau dapat menjadi  solusi, dengan mengunyah  daun sirih  atau kumur dengan rebusannya.


6. Bila secara rutin berkumur dengan rebusan Sirih Hijau, bau mulut tidak sedap pun akan hilang.


7. Bisa mengobati luka bakar. Caranya, panaskan Daun Sirih supaya layu, lalu tempelkan merata  pada luka bakar.


8. Bila hidung keluar darah terus (mimisan), gulungan daun Sirih Hijau yang disumpalkan di hidung, bisa membuat darah yang keluar pun terhenti. Jadi bisa dijadikan obat mimisan.


9. Menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya balurkan tumbukan daun Sirih Hijau, ke bagian tubuh yang gatal-gatal, niscaya gatalnya jadi reda atau bahkan hilang sama sekali.


10. Daun Sirih Hijau juga bisa untuk mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya.


11. Tanaman Sirih Hijau, ternyata bisa mengusir semut, nyamuk, lalat dan serangga lain. Di sekitar     lokasi tanaman ini, semut dan serangga akan menyingkir.


12. Cairan daun Sirih Hijau, bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Penyakit dan kutu yang menyerang tanaman bisa sirna.


13. Daun Sirih Hijau, juga dipercaya bisa untuk mengobati  demam  berdarah. Minum rebusan daun  sirih, bisa mematikan  bakteri  penyebab demam berdarah.


14. Dengan Meminum dari  rebusan  daun sirih bisa memperlancar haid.


15. Daun sirih bisa mengobati penyakit  Asma.


16. Daun sirih bisa mengobati radang dan gatal pada tenggorokan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar